Resmikan Alun-alun Garut, Ridwan Kamil Minta Perbanyak Kegiatan Kreatif

Resmikan Alun-alun Garut, Ridwan Kamil Minta Perbanyak Kegiatan Kreatif

24 Jan 2022 | 08:59 WIB | Jabar Tanggap

375 dilihat

KABUPATEN GARUT -- Warga Garut kini bisa menikmati ruang publik yang instagramable untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Tempat tersebut ialah Alun-alun Garut, yang hari ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Dari saya pribadi desain dan lain sebagainya, mudah-mudahan ini dimanfaatkan dengan baik, apalagi lokasinya sangat bersejarah ada Pendopo, Masjid Agung, sehingga kegiatannya tentu yang kreatif dan maslahat," ujar Ridwan Kamil usai meresmikan Alun-alun Garut, Minggu (23/1/2022). 

Fasilitas ini diharapkan bisa menjadi ikon baru Kota Dodol. Apalagi menurut kang Emil--sapaan Ridwan Kamil, di alun-alun tersebut ada museum napak tilas Bupati Garut dari masa ke masa. 

"Di sini dibangun panggung, ada tempat duduk, di bawahnya nanti ada museum terkait Bupati Garut dari masa ke masa," imbuhnya. 

Wajah baru dari alun-alun Garut ini memiliki 10 fasilitas penunjang di antaranya tribun dan selasar, toilet dan perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, tempat bermain bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.
"Berita hari ini mudah-mudahan warga bahagia menerima kasih sayang dari para pemimpinnya Gubernur dan Bupati," ucap Kang Emil. 

Gubernur juga memaparkan selain Alun-alun Garut, dalam beberapa bulan mendatang kota yang sering dijuluki Swiss van Java tersebut akan mempunyai tempat wisata kelas dunia yaitu Situ Bagendit. 

Selain itu, ada jalur Kereta Api Bandung - Garut yang sebentar lagi bisa dipergunakan untuk menjadi pelengkap infrastruktur dalam memulihkan ekonomi warga Kota Dodol. 

Tak hanya itu, ia menambahkan peresmian alun-alun ini semoga menjadi penyemangat warga Garut dalam memulihkan ekonomi melalui pariwisata di tahun 2022. Sambil kita sama-sama memaksimalkan penanganan COVID-19 melalui vaksinasi agar omicron tidak menyasar warga Garut.

"Nah, mudah-mudahan di era 2022 ini kita maksimalkan penanganan COVID-19, vaksinasi saya terima laporan sudah 84 persen sehingga omicron insyaallah kita tangani dengan baik selama kita menjaga prokes, fokus nanti dari Garut kebangkitan ekonomi pariwisata dan hal lainnya yang sifatnya menyemangati perjalanan Garut perbaikan Jawa Barat," jelas Gubernur. 

Pengerjaan Alun-alun Garut memakan waktu hingga 150 hari kerja yang dikerjakan PT Tridaya Putra Bungsu, salah satu perusahaan penyedia jasa dan konstruksi lokal dari Garut.

Sementara itu Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut peresmian alun-alun ini merupakan peristiwa bersejarah melengkapi bentuk kasih sayang Pemda Provinsi Jabar kepada warga Garut. 

"Ini adalah satu monumen yang akan dikenang dan berhadapan dengan Pendopo juga Masjid Agung. Ini bentuk _kanyaah_untuk masyarakat Garut," ucap Rudy. 

Rudy mengungkap bahwa tahun 2022 di kabupaten Garut akan banyak hadiah yang bisa dinikmati warganya. Salah satu dari itu ialah Alun-alun Garut yang dipercantik melalui buah tangan Kang Emil, menyusul terdekat penataan wisata Situ Bagendit. 

"Banyak hadiah untuk akses ke Situ Bagendit dan banyak lagi jalan-jalan sekarang alhamdulillah semuanya dalam konteks lebih besar," ucapnya..
 


Komentar

16 May 2022
;