Prediksi Timnas U-16 vs Laos di Kualifikasi Piala AFC

 
tirto.id – Timnas U-16 Indonesia akan melakoni laga terakhir di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 melawan Laos di Rajamanggala Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (22/9/2017) hari ini. Meski sudah dipastikan lolos ke putaran final, Indonesia diprediksi tak akan bermain santai.

Kepastian lolos membuat pelatih Fakhri Husaini berpeluang merotasi beberapa pemain. Nama-nama seperti David Maulana, Sutan Zico, Amanar Abdillah, dan Andre Oktaviansyah yang selalu tampil di tiga laga beruntun besar kemungkinan akan disimpan atau dimainkan dari bangku cadangan. Disamping faktor kelelahan, rotasi juga diperlukan guna memberi kesempatan bermain bagi nama-nama yang belum memiliki menit tampil yang cukup.

Namun pemberlakuan rotasi pemain tak lantas membuat Indonesia meremehkan Laos. Hal ini mengingat apiknya kedalaman skuat yang dimiliki Garuda Asia. Terbukti, di tiga laga awal tren positif dapat diraih meski sejumlah rotasi juga terus dilakukan.

Total kini Indonesia telah mengoleksi sembilan poin dari tiga laga, hasil kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara (18-0), Timor Leste (3-1), dan Thailand (1-0). Torehan ini membuat posisi mereka sebagai pemuncak Grup G tak mungkin terkejar. Pasalnya Thailand yang berada di peringkat dua baru mengoleksi tiga poin dari dua laga.

Atas torehan tersebut, pelatih Fakhri Husaini berterimakasih kepada suporter Indonesia. Menurutnya, tanpa dukungan suporter Indonesia tak akan dapat melangkah sejauh ini.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Indonesia, terutama yang datang ke Rajamanggala. Dukungan sangat berarti bagi kami,” ujar sang pelatih dalam keterangan resmi PSSI, Kamis (21/9/2017).

Di pihak lawan, Laos dipastikan tampil dengan skuat terbaiknya. Saat ini mereka membutuhkan tambahan poin guna mengejar Thailand yang duduk di peringkat kedua. Apabila gagal masuk ke dua besar, Laos dipastikan gigit jari dan tak lolos ke putaran final Piala Asia U-16 tahun depan.

Sejauh ini anak asuh Kanlaya Sysomvang baru mengoleksi tiga poin dari dua kali tanding. Kemenanan diperoleh Laos usai membantai Kepulauan Mariana Utara dengan skor 10-0. Satu laga lain berakhir kekalahan, yakni pada pertandingan melawan Timor Leste, Sabtu (16/9/2017). Pertandingan pembuka tersebut berkesudahan dengan skor telak 5-2.

Kick-off pertandingan Indonesia vs Laos hari ini dijadwalkan berlangsung pukul 16.00 WIB di Rajamanggala Stadium, Bangkok, Thailand. Pada hari dan tempat yang sama, tepatnya pukul 19.00 WIB juga akan dihelat partai lain yang mempertemukan tuan rumah Thailand dengan Timor Leste.

Sumber : https://tirto.id/prediksi-timnas-u-16-vs-laos-di-kualifikasi-piala-afc-cw3M
Foto : Doc.PSSI.