Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019

Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019

12 Jul 2019 | 07:35 WIB | Lintas Jabar

174 dilihat

Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019, merupakan hari yang senantiasa diperingati oleh masyarakat pertanian yaitu para petani, peternak, petani hutan, petani ikan, pegawai dan pengusaha yang bergerak disektor pertanian.

Penetapan tanggal 21 Juni sebagai Hari Krida Pertanian didasarkan atas pertimbangan bahwa pada bulan tersebut  ditinjau dari segi astronomia, matahari yang memberikan kehidupan bagi tumbuhan, hewan, dan manusia berada pada garis balik utara (23,5o Lintang Utara) dimana pada saat itu terjadi pergantian iklim yang seirama dengan perubahan-perubahan usaha kegiatan pertanian, dengan demikian bulan Juni merupakan bulan yang penting bagi masyarakat pertanian.

Hari Krida Pertanian (HKP) pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri, serta hari dharma bakti. Pada hari tersebut masyarakat pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmatNya yang dilimpahkan-Nya berupa kekayaan alam yang melimpah seperti bumi, air, matahari, iklim, kekayaan fauna dan flora serta mineral-mineral yang oleh masyarakat pertanian dioles dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Selanjutnya, bermohon agar pada tahun-tahun berikutnya dapat memperoleh rahmat yang lebih besar dari pemanfaatan kekayaan alam tersebut dengan tanggung jawab untuk tetap melestarikannya.

HKP menjadi momen penting sebagai  hari penghargaan kepada orang, keluarga, dan masyarakat yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di sektor pertanian. Pemberian penghargaan tersebut diharapkan dapat mendorong munculnya cipta karsa dan karya yang lebih besar dan berguna terwujudnya swasembada pangan yang berkelanjutan.

Hari Krida Pertanian (HKP)  yang ke-47 tahun 2019 ini merupakan momentum memperingati keberhasilan pembangunan pertanian di Jawa Barat serta sebagai ajang pengembangan minat dan bakat generasi muda terhadap sektor pertanian dalam rangka meregenerasi pelaku utama sektor pertanian untuk kemajuan pembangunan selanjutnya.

Pembangunan pertanian dikatakan berhasil jika dapat mencapai keberhasilan swasembada yang dapat diwujudkan melalui integrasi dan sinergi/sinkronisasi antara pemerintah, masyarakat tani, dan pelaku usaha di bidang

pertanian. Atas dasar itu, HKP tahun 2019 untuk meningkatkan sinergitas antara tiga stake holder pertanian. Harapan yang sangat didambakan dari peringatan HKP ini dapat memantapkan kepemimpinan dan kemandirian petani dalam pencapaian swasembada melalui program upsus padi, jagung, dan kedelai serta komoditas pertanian strategis lainnya dalam mendukung dan untuk menjadi sarana memperkokoh ketahanan pangan serta kesejahteraan masyarakat tani.

Untuk Panduan Selengkapnya : http://bit.ly/2JFKmqm


Komentar

16 Oct 2019
;