Pemprov Jabar Membagikan Visi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital di World Internet Conference 2019

Pemprov Jabar Membagikan Visi Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital di World Internet Conference 2019

24 Oct 2019 | 04:14 WIB | Lintas Jabar

1588 dilihat

WUZHEN, RRT (21 Oktober 2019) — Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diwakili Dinas Komunikasi dan Informatika diundang menjadi salah satu narasumber dari Delegasi Indonesia di World Internet Conference (WIC) di Wuzhen, Tiongkok. Konferensi yang telah diselenggarakan untuk keenam kalinya ini menjadi ajang berbagai negara bertukar informasi terkait inovasi dan perkembangan teknologi smart city termutakhir.

Pemprov Jawa Barat yang didominasi wilayah pedesaan, menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur TIK dan pengenalan teknologi untuk peningkatan perekonomian di wilayah desa. “Pengembangan teknologi harus bisa dirasakan secara merata oleh masyarakat, tidak terkonsentrasi di kota dan wilayah maju saja,” papar Setiaji, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Setiaji secara konsisten memperkenalkan konsep ‘Jabar Digital Province’ yang menitikberatkan penetrasi infrastruktur, peningkatan literasi digital, dan penerapan inovasi teknologi, semisal IoT, di desa berindeks tertinggal dan sangat tertinggal. Diskominfo juga membagikan pengalaman Pemprov Jabar dalam penerapan inovasi lainnya, seperti pembuatan aplikasi Sapawarga, Open Data, rencana pembangunan Command Centre, dan pembuatan delivery unit digital untuk akselerasi inovasi digital, bernama Jabar Digital Service.

Dipimpin oleh semangat kolaborasi kemasyarakatan, Pemprov Jabar juga menggandeng Bumades Panca Mandala, diwakili oleh Irman Meilandi, untuk berbagi pengalaman sukses membangun infrastruktur jaringan internet secara mandiri, hasil kerjasama BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) dan ISP (Internet Service Provider). Inisiasi ini banyak digerakkan oleh pemuda-pemudi desa yang berhasil memanfaatkan inovasi IT untuk peningkatan kapasitas dan pengelolaan sumber daya, sehingga berhasil membuka ratusan kesempatan pekerjaan untuk talenta lokal. “Kisah sukses Panca Mandala dari Tasikmalaya diharapkan bisa menjadi inspirasi pemanfaatan teknologi dan pembangunan berwawasan lokal untuk delegasi negara-negara yang hadir di konferensi ini,” ungkap Irman.

Diskominfo Jabar dan Bumades Panca Mandala juga berpartisipasi dalam exhibition di pavillion internasional WIC. Ini adalah pertama kalinya Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat berpartisipasi dalam expo internasional, sejalan dengan visi Diskominfo Jabar untuk menjadi salah satu Center of Excellence untuk negara-negara lain di Asia Pasifik.

“Konferensi ini diharapkan dapat membuka lebih banyak pintu kerja sama dan pertukaran pengalaman antara pelaku bisnis dan pemerintah RRT dan Indonesia untuk riset, pengembangan, investasi, dan implementasi teknologi informasi di kedua negara,” jelas Li Jianggan, CEO Momentum Works, di sesi panel yang juga diisi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat. Pengembangan teknologi di RRT mengalami banyak lompatan signifikan bahkan melebihi banyak negara maju, menyusul kebijakan negara yang berfokus pada pengembangan IT, termasuk di bidang AIoT (perpaduan Artifial Intelligence dan Internet of Things), edge computing, 5G, kendaraan tanpa pengemudi, robotik, machine learning, keamanan siber, dan berbagai teknologi mutakhir lainnya. 

Pada kesempatan ini, delegasi Indonesia juga mengadakan kunjungan kerja untuk melihat inovasi yang dikerjakan oleh beberapa perusahaan IT terkemuka di RRT, termasuk Hikvision dan Terminus. Selain Bumades Panca Mandala, Aswin Azhar Siregar dan Hendra Gunawan dari Korps Lalu Lintas Kepolisian RI, Satya Nugraha Adikara dan Karma dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika, Biondi Sanda Sima dari Jabar Digital Service, dan Dony Yuliardi dari Rastek.ID, difasilitasi oleh Momentum Works, juga menjadi bagian dari delegasi Indonesia di WIC yang diselenggarakan di tanggal 19-21 Oktober 2019 ini.

 

 

 

Sumber : https://jabarprov.go.id


Komentar

15 Dec 2019
;