Mulai Senin, Mendag Periksa Pedagang yang Jual Beras di Atas HET

 
Jakarta – Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan (Kementerian) telah memberlakukan harga eceran tertinggi (HET) untuk beras. Sesuai regulasi, harga beras medium yang ditetapkan Rp 9.450/kg dan premium Rp 12.800/kg.

Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, menegaskan hari Senin nanti (25/9/2017) adalah masa berlaku efektif pemberlakukan HET. Jika mengacu pada aturan tertulisnya, harga acuan sesuai ketentuan sebenarnya sudah berlaku sejak 1 September lalu.

Bahkan, kata Enggar, sapaan akrabnya, mulai senin nanti pihaknya akan melibatkan Satgas Pangan untuk ikut mengawasi penerapan HET beras di lapangan.

“Mulai hari Senin kita minta (diterapkan HET) dan akan periksa. Kami bersama dengan Satgas, tapi Satgas mendampingi dari Kemendag dan kita juga mintakan,” ucap Enggar ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Selain Satgas, lanjutnya, Enggar juga memastikan HET diterapkan di daerah-daerah dengan pengawasan dilakukan oleh dinas perdagangan.

“Saya juga minta Bu Dirjen (Perdagangan Dalam Negeri) untuk beritahu kepada seluruh kepala dinas perdagangan kabupaten, kota, dan provinsi untuk diingatkan, ini sudah kita tetapkan, agar mereka juga turun ke lapangan dan (stok) tersedia,” ujar Enggar.

Menurutnya, tak ada alasan karena kekurangan stok sehingga harga beras melebihi HET yang sudah ditetapkan. Menurutnya, Kemendag bersama pengusaha beras akan langsung menggelontorkan stok ke daerah-daerah yang stoknya tak mencukupi.

“Kalau kurang kita akan cek dan akan kirim, stok kami cukup, Food Station cukup, ini sekarang kita bicara cadangan sudah saya sampaikan, cadangan nasional dari pedagang Cipinang, Pak Haji Nellys (Ketua Persatuan Pedagang Beras dan Penggilingan Padi DKI Jakarta), saya siap Pak,” tandas Enggar.

Berikut daftar harga eceran tertinggi beras medium dan premium:
Jawa, Lampung, Sumatera Selatan: medium Rp 9.450/kg, premium Rp 12.800/kg
Sumatera lainnya: medium Rp 9.950/kg, premium Rp 13.300/kg
Bali dan NTB: medium Rp 9.450/kg, Rp premium Rp 12.800/kg
NTT: medium Rp 9.950/kg ; premium Rp 13.300/kg
Sulawesi: medium Rp 9.450/kg ; premium Rp 12.800/kg
Kalimantan: medium Rp 9.950/kg ; premium Rp 13.300/kg
Maluku dan Papua: Medium Rp 10.250/kg ; premium Rp 13.600/kg.

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3654035/mulai-senin-mendag-periksa-pedagang-yang-jual-beras-di-atas-het
Foto : Muhammad Idris