Launching Kolecer dan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan untuk Kabupaten
Humas Jabar
Lintas Jabar

Launching Kolecer dan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan untuk Kabupaten

Admin
29 January 2019
190
1

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju berharap ada peran dari perusahaan dan stakeholder lain untuk meningkatkan minat baca. Perannya bisa berupa memberikan bantuan buku dan membuat perpustakaan.

“Kontribusinya bisa berupa memberikan sumbangan buku di tempat-tempat perpustakaan, kata Uju di kegiatan launching Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) sekaligus pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan, di Taman Sehati Stadion Wibawa Mukti, Jumat (25/1/2019).

Uju mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga akan membangun Kolecer di taman-taman kota. Seperti di Taman Sehati, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur.

Jadi nanti di taman ini banyak orang yang datang dan baca buku. Sehingga fungsi taman menjadi banyak. Kita juga akan kembangkan perpustakaan di titik-titik strategis, katanya.

Keberadaan Kolecer di Taman Sehati secara umum bertujuan untuk meningkatkan minat baca. Khususnya bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

Karena berdasarkan data, tingkat minat baca secara umum di Indonesia masih rendah.

Dengan adanya Kolecer ini maka minat baca menjadi tumbuh. Setelah minat kemudian menjadi gemar dan menjadi hobi membaca,” ungkapnya.

Kami juga akan lengkapi dengan hot spot wifi di setiap taman-taman kota. Sehingga nantinya bisa menjadi media literasi digital bagi masyarakat Kabupaten Bekasi,” lanjutnya.

Kegiatan launching Kolecer dibarengi dengan pengukuhan Bunda Literasi tingkat kecamatan. Pengukuhan ini dilakukan oleh Bunda Literasi Kabupaten Bekasi Holilah Eka Supriatmaja.

Dalam sambutannya Holilah mengatakan, minat baca dan literasi di kalangan anak dan masyarakat secara umum masih rendah.

“Padahal gemar membaca menjadi kunci utama dalam mewujudkan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas. Sebagai modal dasar dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor, ungkapnya.

Oleh karena itu, Bunda Literasi baik di tingkat daerah maupun kecamatan memiliki tugas mendorong keluarga dalam membangun ketahanan keluarga yang sejahtera.

“Tentunya dengan diawali menumbuhkan minat baca sehingga menjadi kegemaran dan menjadi kebiasaan. Sehingga pada akhirnya menjadi kebutuhan yang tumbuh berkembang menjadi budaya dan tercipta masyarakat pembelajar, katanya.

Seperti halnya Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Holilah juga mengajak seluruh pimpinan perusahaan untuk berperan dan bekerja sama. Terutama sebagai tindaklanjut dari Program Kolecer.

“Tujuannya meningkatkan kegemaran membaca di kalangan pelajar dan masyarakat. Kami berharap adanya peningkatakan kualitas hidup masyarakat. Khususnya budaya literasi di Kabupaten Bekasi,ungkapnya.

 

Sumber : http://dispusipda.jabarprov.go.id

Komentar


Tambah Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan

;