Ini Tips Sehat Selama Ramadan dari Puskesmas Sawangan
Humas Jabar
Lintas Jabar

Ini Tips Sehat Selama Ramadan dari Puskesmas Sawangan

Admin
23 May 2018
339
0

Depok.go.id – Bulan Ramadan umat Muslim diwajibkan berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Dalam rentang waktu yang cukup panjang tersebut, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan punya tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa pada para pasien yang datang.

Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herliana mengatakan, pihaknya memberikan penyuluhan kepada para pasien yang datang untuk mendapatkan pelayanan Puskesmas. Baik untuk yang berobat atau pun yang sekadar mengantarkan saja.

“Penyuluhan seperti ini sebagai salah satu program kami, jadi di sela-sela pasien mendapatkan pelayanan kami sisipkan berbagai tips menjaga kesehatan selama Ramadan,” ujar Elin, di Puskesmas Sawangan, Selasa (22/05/2018).

Dijelaskannya, beberapa tips yang disampaikan antara lain, saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak menimbulkan dehidrasi.

“Sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, atau pun nasi merah,” paparnya.

Tips lainnya, tambah Elin, yakni  saat berbuka puasa dianjurkan untuk makan kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa bisa dipenuhi.

“Makan pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh kita, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium, serta karbohidrat,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Sumber : https://www.depok.go.id/22/05/2018/01-berita-depok/ini-tips-sehat-selama-ramadan-dari-puskesmas-sawangan

Komentar


Tambah Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan

;