Festival Keraton Nusantara XI 2017 Dihadiri Presiden Jokowi

 
Festival Keraton Nusantara (FKN) Ke-XI yang dihadiri 113 Keraton Kesultanan se-Nusantara akan rencananya dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Sabtu 16 September 2017, 09.00 WIB, bertempat di Alun-Alun Keraton Kasepuhan, Cirebon. Rencananya, Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo akan menghadiri FKN Ke-XI, di Taman Gua Sunyaragi Cirebon.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida SH. M.Si menjelaskan sebelum acara pembukaan FKN ke-XI dibuka, akan dilaksanakan Welcome Dinner bersama para raja dan sultan peserta FKN Ke-XI, Jumat 15 September 2017, 19.00 WIB di Taman Gua Sunyaragi Cirebon. Pada pembukaan FKN XI, diawali dengan pagelaran Seni Kolosal Pembukaan FKN, Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara dan grand launching Museum Pusaka Keraton Kasepuhan, di Keraton Kasepuhan Cirebon. Selain itu, pameran benda pusaka, pameran kerajinan rakyat, pagelaran kesenian keraton, pagelaran busana dan upacara adat akan turut memeriahkan FKN Ke-XI.
Ida memaparkan penyelenggaran FKN ke-XI ini, telah disepakati sejak tahun 2014 lalu. Saat itu, berdasarkan keputusan musyawarah raja, sultan dan pemangku adat Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) 2014 dalam Festival Keraton Ke-IX, 9 September 2014 di Kesultanan Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, bahwa Kasultanan Kasepuhan Cirebon Jawa Barat dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan FKN ke-XI. Festival Keraton Nusantara di Jawa Barat ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya. Sebelumnya, FKN pernah dilaksanakan pada tahun 1997. Sebelumnya, perhelatan raja sultan se-nusantara ini diselenggarakan dua tahun sekali, namun sejak tahun lalu FKN diselenggarakan menjadi setahun sekali.
Kegiatan Festival Keraton Nusantara ini secara bergantian dilaksanakan di keraton-keraton se-nusantara. Pelaksanaan FKN sebagai wujud pelestarian nilai-nilai budaya bangsa serta perwujudan dari tekad bersama segenap komponen bangsa untuk tetap berupaya secara terus menerus melestarikan, melindungi, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya luhur dan tradisi budaya yang masih hidup dan dihayati masyarakat di seluruh nusantara.
Dalam FKN juga memperkenalkan adat tradisi dan budaya keraton yang bernilai luhur, melestarikan benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala sebagai asset budaya bangsa yang bernilai tinggi. Meningkatkan apresiasi, kesadaran, rasa cinta dan kebanggaan masyarakat akan budaya bangsa. Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan serta untuk menunjang terciptanya wawasan budaya nusantara serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui Festival Keraton Nusantara.

Sumber : http://www.disparbud.jabarprov.go.id/applications/frontend/index.php?mod=news&act=showdetail&id=2717