Delegasi Jabar Ajari Imam Nahrawi Main Angklung Toel Di JPI 2018
Humas Jabar
Lintas Jabar

Delegasi Jabar Ajari Imam Nahrawi Main Angklung Toel Di JPI 2018

Admin
06 October 2018
367
0

Delegasi Jawa Barat asal Kota Bandung untuk Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2018 Fazar Imani mengaku senang dan bangga saat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi turut bermain angklung bersamanya. Hal itu terjadi usai pembukaan JPI di Toboali, Bangka Belitung, Sabtu (6/10/2018).

"Seneng banget, saya main angklung bareng Pak Imam," ucapnya sumringah.

Setelah resmi membuka JPI yang dilaksanakan di Toboali Sport Center, Imam mengunjungi stand-stand provinsi. Stand pertama yang dikunjunginya adalah stand Jawa Barat yang disambut oleh permainan angklung "toél" oleh Fazar. 

Fazar memainkan lagu Manuk Dadali yang menarik perhatian Imam. Imam pun lantas menghampiri Fazar dan minta diajari memainkan angklung toel ciptaan Yayan Udjo, generasi kedua dari Udjo Ngalagena, pendiri Saung Angklung Udjo.

"Coba gimana ini cara mainnya," ujar Imam sambil mencoba memainkan Angklung Toél.

Fazar lalu mengajari Imam sebait lagu Manuk Dadali, lagu daerah Jawa Barat. Lagu tersebut dengan lancar dimainkan Imam. Setelah itu, Imam lantas masuk ke stand Jawa Barat untuk melihat-lihat produk lokal yang dipamerkan, sedangkan Fazar melanjutkan permainan angklungnya.

Fazar diketahui merupakan salah satu pemain angklung di Saung Angklung Udjo. Ia mengikuti seleksi Jambore Pemuda Indonesia mewakili Kota Bandung dan lolos menjadi satu dari 14 pemuda terbaik yang mewakili Jawa Barat di ajang tahunan program Kementerian Pemuda dan Olahraga itu. 

Fazar didaulat menjadi bagian tim kesenian delegasi Jawa Barat untuk menunjukkan kemampuannya pada malam pentas seni, Senin (8/10/2018) mendatang. 

Selain Fazar, ada 13 peserta lain yang berasal dari 12 kabupaten/kota di Jawa Barat, yaitu Kab. Bandung Barat, Kab. Subang, Kab. Ciamis, Kab. Sumedang, Kab. Purwakarta, Kab. Sukabumi, Kab. Cirebon, Kab. Pangandaran, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Depok, dan Kab. Kuningan.

Para peserta juga akan melaksanakan lomba senam Poco-Poco dan lomba senam kreasi daerah pada kegiatan JPI tahun ini. Berbagai seminar, workshop kerajinan khas daerah, dan kunjungan wisata pun akan diikuti oleh para peserta JPI yang datang dari 33 provinsi di Indonesia.


Sumber : Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Provinsi Jawa Barat
Kontak: Nurul Asri Mulyani, 085221622414

Komentar


Tambah Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan

;