Predikit Jabar Jawara Renang Harus Dipertahankan dalam PON 2016

23 Jan 2016 | 16573 VIEWS

KOTA BANDUNG -- Jawa Barat merupakan lumbung atlet renang nasional, karenanya predikat dan prestasi tersebut harus dipertahankan bahkan ditingkatkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016. 

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), predikat itu terlihat dalam helatan PON XVII 2012 lalu di Riau, yang mana Jabar memborong hampir 25 medali emas dari total 30 medali emas yang diperebutkan. 

"Dan kita berharap prestasi itu bisa dipertahankan di PON XIX pada September 2016 mendatang di Jabar,” katanya setelah mengalungi medali dalam acara penutupan Kejuaraan Renang Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat di kolam renang UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Sabtu (23/1/2016) malam.

Menurut dia, kompetisi atau kejuaraan itu harus ada dalam sebuah proses pembinaan cabang olahraga. Jika sekarang yang menyelenggarakan PWI Jabar, maka PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) harus punya program kejuaraan di jenjang berikutnya, sehingga seluruh potensi perenang muda di Jabar tersalurkan.

“Saya berharap para atlet junior dari SD dan SMP dalam kejuaraan IKWI ini terus berlatih keras dan meraih prestasi karena tidak menutup kemungkinan pada masa depan akan menjadi atlet andalan Jabar,” ujarnya. 

Aher mengatakan, melihat animo peserta kejuaraan tersebut, pihaknya optimistis 
Jawa Barat tetap memiliki kekuatan dalam mempertahankan predikat dan peserta sebagai kekuatan renang di Indonesia.

“Saya sangat gembira dengan animo peserta yang sangat besar ini. Kita jadi banyak calon atlet hebat dan potensial ke depan," katanya, setelah memperoleh laporan panitia bahwa ada 650 siswa SD dan SMP se-Jabar mengikuti kejuaraan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2016 itu.

Gubernur Jawa Barat berharap kejuaraan semacam ini terus dilakukan berkala. Sebab, sekali lagi, sebuah even kompetisi bisa menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah prestasi olahraga.

Bahkan secara khusus, dia meminta kejuaraan tahunan ini masuk kalender tetap PRSI Jabar, sehingga pembinaan olahraga melalui ajang kejuaraan bisa dilakukan secara berjenjang.

Kepala Disorda Pemprov Jabar Yudha M. Saputra di tempat yang sama mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada IKWI PWI Jabar yang sudah menggelar kejuaraan renang antar siswa SD dan SMP untuk kali kedua. 

“Mudah-mudahan akan lahir para perenang potensial dan berprestasi dari kejuaraan ini. Dengan demikian, predikat Jabar yang tak pernah berhenti menyumbangkan perenang berprestasi bagi nasional terus terjaga,” tegasnya.

Acara pembukaan kejuaraan selain dihadiri Kepala Disorda Jabar, juga hadir Kepala Bidang Keolahragaan Disorda Jabar Nandang Saptari, Ketua PWI Jabar Mirza Zulhadi, perwakilan KONI Jabar, dan perwakilan dari PRSI Jabar

Mengacu hasil kejuaraan, SD Percobaan Nasional (SDPN) Sabang Kota Bandung tampil sebagai juara umum untuk kategori SD sementara juara umum kategori SMP diraih SMPK Bina Bakti Bandung.

SDPN Sabang Kota Bandung menjadi juara umum setelah meraih poin tertinggi yakni 111 poin dengan mengalahkan SD Cimahi Mandiri 2 yang meraih poin 102. Sedangkan SMPK Bina Bakti Bandung meraih poin tertinggi 45.

Selain juara umum, dipilih perenang terbaik dari masing-masing kategori usia. Mulai dari kategori TK, SD, hingga SMP. SDPN Sabang sendiri berhasil menempatkan Citra Puspa Ramdhani sebagai perenang terbaik untuk Kelompok E (kelas 5 dan 6) putri usai meraih 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

 

HUMAS PEMPROV  JABAR