Kabupaten Sukabumi Raih Anugerah Pangripta Nusantara 2015

01 Apr 2015 | 15090 VIEWS
JABAR INFO - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2016 digelar selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 1-2 April 2015. Tema yang diangkat dalam Musrenbang kali ini adalah "Satu Perencanaan Jabar Untuk Peningkatan Daya Saing, Kemandirian dan Kesiapan dalam Persaingan Global."
 
Kabupaten Sukabumi termasuk salah satu penerima penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara tahun ini. Penghargaan tersebut berupa predikat Juara Harapan II Kabupaten Terbaik dalam Perencanaan Pembangunan di Jawa Barat. Penghargaan disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri bersama Gubernur Jawa Barat, dan diterima oleh Wakil Bupati Sukabumi, Drs Akhmad Jajuli M.Pd.
 
Kegiatan hari pertama merupakan acara awal Musrenbang sekaligus tahap harmonisasi untuk Jabar yang lebih bersinergi dalam melaksanakan pembangunan sejak tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga meraih hasil pembangunan yang berkualitas dan akuntabel. Sedangkan hari kedua adalah acara puncak Musrenbang untuk menghasilkan RKPD tahun 2016.
 
Musrenbang hari pertama diselenggarakan di Ruang Sidang Soehoed Warnaen Bappeda Provinsi Jawa Barat Jl. Ir. H. Juanda No. 287 Bandung. Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, H. Deddy Mizwar, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA, para asisten Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, para Kepala OPD Provinsi, serta Kepala Bappeda dan Sekretaris Bappeda Kabupaten/Kota.
 
Pembukaan Musrenbang dan Sambutan Gubernur disampaikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Jabar, H. Deddy Mizwar. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Musrenbang Provinsi Jabar dilaksanakan berdasarkan amanat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Daerah No. 6 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jabar.
 
Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA memberikan paparan mengenai "Rancangan Harmonisasi dan Sinergi Perencanaan Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2015."
 
Acara dilanjutkan dengan sidang kelompok mengenai verifikasi kegiatan dan pendanaan berdasarkan rancangan PRA RKA/RAB; prioritas kegiatan Kabupaten/Kota tahun 2016, prioritas kegiatan OPD Provinsi tahun 2016, dan usulan stakeholders pembangunan Jabar tahun 2016.
 
Sementara itu, Musrenbang hari ke-2 digelar di Krakatau Ballroom Hotel Horison Bandung yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Deputi Meneg PPN/Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah Dr. Ir. Imron Bulkin, MRP, Bupati/Walikota se-Jawa Barat, Sekretaris Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Kepala OPD/Biro Provinsi Jawa Barat, Unsur DPRD Provinsi Jawa Barat, Unsur Bappeda Kabupaten/Kota, Unsur Akademisi, Pelaku Usaha, Komunitas Masyarakat, Tokoh Masyarakat Jawa Barat dan Insan Pers.