Inohong Jabar Berpulang, Pemprov Berbelasungkawa

28 May 2017 | 1289 VIEWS

BANDUNG -- Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari Jalan Kalimantan No. 10 Bandung. Tepat pada pukul 22.30 WIB, Sabtu (27/05/2017) malam (2 Ramadhan 1438 H), telah berpulang ke Rahmatullah mantan Wakil Gubernur Jawa Barat pada era Gubernur Aang Kunaefi, H. Aboeng Koesman Somawidjaja. Inohong atau sesepuh Sunda Jawa Barat yang juga mantan walikota Cirebon ini wafat pada usianya yang ke- 92 tahun.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan ucapan belasungkawanya. Sekitar pukul 06.00 WIB pagi, Minggu (28/05/2017) dirinya bersama istri, Netty Prasetyani Heryawan hadir ke rumah duka untuk bertakziah.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Selamat jalan Bapak Aboeng Koesman Somawidjaja. Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami kehilangan satu sosok sesepuh Jawa Barat, Inohong Sunda yang pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat periode 1981-1987,” kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, di Rumah Duka.

Aboeng Koesman dilahirkan di Garut pada tanggal 24 April 1925. Sebelum menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Aboeng Koesman, pernah juga menduduki kursi Walikota Cirebon yang dijabatnya pada tahun 1972-1982. Almarhum juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Paguyuban Pasundan sampai dengan tahun 2000 dan Ketua Yayasan Pasundan selama 2 (dua) periode.

Karier Militer dimulainya pada Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Tentara Rakyat Indonesia (TRI) di masa perjuangan dulu.

Karir di militer lainnya adalah Pa/Dan POMDAN II/Bukit Barisan Medan serta Pa/Dan POMKOADAIT di Makasar. Suami dari ibu Hj. Siti Hafijah dan Bapak dari 4 putera dan 3 puteri ini juga pernah menjabat sebagai Pa/Dan POMDAN III Siliwangi di Bandung dan Pa/Dan DAN PUSDIKPOM di Cimahi.

Sehubungan kabar duka tersebut, pihak keluarga mohon do'a agar almarhum Husnul Khatimah dan dapat dimaafkan segala kesalahannya. Dari pengumuman yang tertera di depan rumah duka, Almarhum akan dimakamkan siang ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra.

HUMAS JABAR