55 Tahun Menanti, PON 2016 Momentum Jabar Raih Juara Umum

24 Apr 2016 | 16589 VIEWS
KAB. SUMEDANG - PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar bisa menjadi momentum untuk Jawa Barat meraih predikat sebagai juara umum Pekan Olahraga Nasional. Ini akan menjadi sejarah setelah 55 tahun Jabar tak meraih tahta tertinggi event olahraga terbesar di tanah air ini.
 
Dalam acara sosialisasi PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar, sekaligus memperingati hari jadi Kabupaten Sumedang ke-438 yang digelar di Alun-alun Kab. Sumedang pada Minggu pagi (24/4/2016), Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan Jabar menargetkan catur atau 4 sukses dalam PON XIX dan Peparnas XV Jabar, yakni sukes penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukes administrasi.
 
Untuk sukses prestasi, sebagai tuan rumah Jabar tentunya ingin prestasi terbaik yakni menjadi juara umum dalam perolehan medali emas terbanyak. Terlebih lagi, 55 tahun Jawa Barat tidak meraih manisnya tahta juara umum PON.
 
"Prestasi Jabar harus sukses jadi juara umum. Saatnya lah sekarang kita semua masyarakat Jawa Barat, termasuk seluruh masyarakat Sumedang ikut serta mendukung dan menyukseskan agar kita bisa jadi juara umum," ajak Wagub di hadapan ribuan masyarakat Kab. Sumedang pagi tadi.
 
"Karena 55 tahun Jabar ga jadi juara umum dan harus (menunggu) 136 tahun lagi Jabar bisa jadi tuan rumah PON lagi. Jadi kalau bukan sekarang kapan lagi?" tanya Wagub.
 
Sementara itu, sebagai salah satu kabupaten tuan rumah peyelenggara PON Jabar, Sumedang telah menyatakan kesiapannnya sebagai lokasi venue untuk 5 cabang olahraga (cabor). Sumedang merupakan satu-satunya kabupaten yang menjadi penyelenggara cabang olahraga (cabor) terbanyak, yakni menggelar 5 cabor di 4 lokasi venue. Pertama, cabor Gantole dan Paralayang yang berlokasi di Batu Dua dan Kampung Toga; kedua, cabor Pencak Silat di GOR Pencak Silat ITB Jatinangor, ketiga cabor Futsal di GOR Futsal ITB Jatiangor; dan keempat cabor Golf di Lapagan Golf Bandung Giri Gahana Golf.
 
Wakil Bupati Sumedang Eka Setiawan mengatakan hingga saat ini proses pembangunan venue sudah mencapai 90%. Hanya saja, Eka mengatakan tinggal pengerjaan infrastruktur atau akses jalan menuju lokasi venue yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.
 
"Kalau venuenya sendiri hampir 90 persenan. Yang belum itu infrastruktur jalan masuk, kemudian sedikit kelengkapan-kelengkapannya" kata Eka usai acara.
 
Sebagai rangkaian hari jadi Kabupaten Sumedang yang ke-438 tahun, selain sosialisasi PON pagi tadi juga digelar berbagai kegiatan lainnya, seperti senam zumba, gerak jalan yang diikuti ribuan peserta, hiburan, serta ada pula pengunduan doorprize untuk para peserta gerak jalan yang berhadiah sepeda motor, berbagai macam alat elektronik, serta hadiah hiburan lainnya.
 

HUMAS PEMPROV  JABAR