Banjir Landa Kab Bandung, Ribuan Jiwa Tinggal di Pengungsian
Humas Jabar
Lintas Jabar

Banjir Landa Kab Bandung, Ribuan Jiwa Tinggal di Pengungsian

Admin
12 March 2018
109
0

Kab Bandung,- Sejak Kamis 22 Februari 2018 lalu telah terjadi bencana banjir di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Ketinggian air bervariasi dan mulai surut sampai dengan ketinggian 1,2 meter. 

Banjir disebabkan tingginya curah hujan yang mengakibatkan meluapnya sungai Citarum, Cisangkuy dan Cikapundung yang bermuara di sekitar Baleendah dan Dayeuhkolot. Banjir mengakibatkan 561 KK/1.810 jiwa mengungsi. 

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat menjelaskan titik pengungsian besar berada di Kecamatan Dayeuhkolot yakni Shelter Pengungsian yang terletak di belakang Kantor Desa Dayeuhkolot sebanyak 187 jiwa dan di Masjid As-Sophia sebanyak 200 jiwa. 

Lokasi pengungsian di Kecamatan Bojongsoang berada di Gudang Tenggo sebanyak 273 jiwa dan Masjid Baitul Haq sebanyak 71 jiwa. Di Kecamatan Baleendah, lokasi pengungsian berada di Inkanas sebanyak 260 jiwa dan SKB sebanyak 174 jiwa. 

"Pengungsian telah berlangsung selama 14 hari,"kata Harry kepada wartawan, Sabtu (10/3/2018)

Sebelumnya, Bupati Bandung telah menyatakan siaga darurat melalui SK No. 360/2241A/BPBD tanggal 31 Oktober 2017, yang berlaku mulai tanggal 2 November 2017 sampai dengan 31 Mei 2018.

Harry menyebutkan sejauh ini logistik berupa lauk pauk, terpal, matras, selimut, dan lain-lain, melalui Dinas Sosial Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat telah didistribusikan. Selain itu, sebanyak 32 Tagana dan KSB sudah dikerahkan untuk mengatur logistik dan evakuasi serta pengaturan shelter termasuk Layanan Dukungan Psikososial. 

Dalam Kunjungan Kerja ini Dirjen Linjamsos menyerahkan bantuan berupa Lauk Pauk, Beras 2 ton, selimut 210 lembar, Kids Ware sebanyak 25 paket, Food Ware sebanyak 25 paket, Family Kit 25 paket, satras 200 lembar. 

Sedangkan untuk pasokan kebutuhan makanan korban banjir, Kementerian Sosial sudah menyerahkan paket lauk pauk siap saji dalam kaleng terdiri dari paket A berupa daging sapi dan tumis tahu tempe, paket B berupa ikan tuna sambal woku dan sayur lodeh, paket C berupa gulai ayam dan ikan tuna sambal rica-rica, serta paket D berupa ikan tuna dalam minyak dan opor ayam.

"Total bantuan untuk bencana ini adalah Rp1,2 miliar terdiri dari bantuan logistik dan santunan untuk ahli waris korban meninggal akibat tanah longsor,"ungkap Harry

Sumber : jabarprov.go.id

Komentar


Tambah Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan

;